Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
juknis pengendalian ulat bulu
katam
pustakadigital
eproduk
Sinartani
bank ilmu padi
epetani
jambi dlm angka

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini79
mod_vvisit_counterKemarin122
mod_vvisit_counterMinggu ini1039
mod_vvisit_counterBulan ini2697
mod_vvisit_counterAll147871
Berita Terkini
Rapat Koordinasi Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Kota Jambi TA. 2012 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Syafri Edi, SP   
Rabu, 30 Mei 2012 00:00

Rapat Koordinasi Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dilaksanakan hari Selasa tanggal 29 Mei 2012, bertempat di Aula Kantor PKK Kota Jambi, diikuti oleh Dinas Pertanian Provinsi Jambi sebagai Ketua dan BPTP Jambi sebagai Sekretaris Tim Pembina PUAP Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kota Jambi sebagai Tim Teknis PUAP Kota Jambi, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi, Camat, Lurah, UPTD, BPP, PPL Pendamping, PMT dan pengurus Gapoktan penerima dana PUAP se Kota Jambi, diperkirakan jumlah peserta Rakor + 80 orang.

Ketua Tim Teknis PUAP Kota Jambi Harlik AMd, SP melaporkan bahwa, dana PUAP Kota Jambi mulai dikucurkan pada tahun 2009 dengan 13 gapoktan penerima dana PUAP, tahun 2010, tujuh Gapoktan dan 2011,tiga Gapoktan serta tahun 2012 sedang diproses 3 Gapoktan, dengan jumlah dana PUAP sampai saat ini pada 23 Gapoktan Rp. 2.300.000.000,-. Permasalahan yang ada pada tingkat lapang menurut Ketua Tim Teknis PUAP Kota Jambi adalah: (i) perkembangan program PUAP dipengaruhi oleh budaya masyarakat yang masih ada anggapan bahwa dana PUAP merupakan dana BLT, padahal dana PUAP semestinya harus dikembangkan pada masing-masing Gapoktan penerima dana PUAP dan (ii) kurangnya SDM yang berpengalaman terutama dalam pengelolaan kelembagaan yang nantinya diharapkan mampu membentuk Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Dengan adanya rapat koordinasi diharapkan program PUAP dapat berjalan sesuai dengan panduan dari Kementerian Pertanian, satu kata dalam “Fisi dan Misi” dari tingkat kota-kecamatan-kelurahan-Gapoktan/penerima dana PUAP.

Rakor PUAP dibuka Staf Ahli Bidang Pembangunan Kota Jambi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa : Kemiskinan merupakan masalah nasional, demikian juga halnya di Kota Jambi yang dicirikan utamanya dengan kurangnya permodalan dalam berusaha tani baik on farm maupun off farm. Program PUAP salah satu dari beberapa program yang diharapkan mampu menghapus atau mengurangi tingkat kemiskinan pada tingkat lapang. Diharapkan kepada semua yang terlibat pada Program PUAP dapat bekerjasama sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sekretaris PUAP Provinsi Jambi dalam hal ini diwakili Ir. Syafrial mengimbau agar semua pihak dapat berkoordinasi dari tingkat Kota sampai pada tingkat lapang atau pengguna dana PUAP dan ditegaskan bahwa jangan ada yang bermain-main dengan dana PUAP karena program PUAP selalu menjadi perhatian dari semua pihak.

Dalam diskusi pengurus Gapoktan mengemukakan bahwa perlunya pelatihan dan pendampingan yang lebih intensif, terutama pada bidang kelembagaan dan pembentukan LKM hal ini langsung ditanggapi oleh ketua Tim Teknis Kota Jambi bahwa akan menjadikan perhatian khusus sehingga keinginan Gapoktan dapat diwujudkan. Dari beberapa pengurus dan PPL pendamping serta PMT mengemukakan bahwa tingginya perhatian dan partisipasi anggota Gapoktan terhadap program PUAP hal ini dapat dilihat dari adaya kemauan anggota untuk menabung secara sukarela. Semoga Program PUAP Kota Jambi berjalan dengan baik sehingga permasalahan permodalan dapat  diatasi dan kemiskinan dapat dikurangi “Produksi Meningkat Jaya Selalu Petani”.

LAST_UPDATED2
 
Panen Raya Sayuran Binaan PUAP BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati, S.Pt   
Rabu, 23 Mei 2012 00:00

Panen raya sayuran pare seluas 20 are (Senin, 21-05-2012) di Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi adalah buah hasil dari Kelompok Tani Margadadi II yang terangkum dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Usaha telah berhasil melaksanakan budidaya sayuran pare yang merupakan binaan Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi yang dibina sejak tahun 2009.

Panen raya selain dihadiri oleh seluruh Kelompok Tani yang tergabung dalam Gapoktan Sumber Usaha dan tim PUAP BPTP Jambi selaku Sekretariat PUAP Provinsi, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi, Camat Danau Teluk, Kepala Bidang Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian kota Jambi, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Danau Teluk.

Panen pare kali ini dilakukan pada lahan petani M. Trimo salah seorang petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Margadadi II dengan luas tanamanan Pare 20 are dengan modal usahatani Rp.7.000.000,- diantaranya Rp.3.000.000,- bersumber dari dana PUAP. Panen Pare menghasilkan 7 kg per dengan harga jual Rp.4.300,-/kg. Diperkirakan dapat menghasilkan Rp. 30.000.000,- merupakan hasil yang sangat menggiurkan.

Dari acara panen raya sayuran pare ini diharapkan dapat memicu semangat para Kelompok Tani dalam pengembangan usaha pertanian sayuran yang seiring dalam peningkatan pendapatan petani pada khususnya. Usai panen pare, kelompok tani Margadadi II berencana akan menanam cabe dan berharap penghasilan usaha dapat lebih besar dari pada ini.

LAST_UPDATED2
 
Demontrasi Pembibitan di Kebun Bibit RT. 21 Paal V Kota Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati, S.Pt   
Kamis, 17 Mei 2012 00:00

Ibu-ibu kelompok tani yang terangkum dalam kelompok tani KRPL Kasuari 21 dengan semangat mengikuti demontarasi pembibitan di Kebun Bibit yang berlokasi di kebun Dasawisma anggrek 5 RT. 21, Kelurahan Paal V, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi (Rabu, 16-5-12). Ibu-ibu yang hadir merupakan anggota yang rumahnya terpilih sebagai rumah contoh pada Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) salah satu program Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di delapan kabupaten dan salah satunya di Kota Jambi.

Demontrasi langsung dipandu oleh tim KRPL untuk wilayah Kota Jambi. Memandu secara teknis pembibitan yaitu cara penyemaian tanaman sayur-sayuran berupa cabe keriting, cabe rawit, terung, dan tomat. pertanyaan-pertanyaanpun muncul yang merupakan bentuk antusiasme mereka dalam kegiatan tersebut dan berakhir dengan pembagian tugas dalam pengelolaan kebun bibit yang diharapkan dapat berlanjut terus sehingga kebutuhan bibit di RT tersebut dapat dipenuhi dari kebun bibit yang dikelola oleh kelompok tani KRPL Kasuari 21.

LAST_UPDATED2
 
Dukungan Pemda terhadap KRPL di Kabupaten Kerinci PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati, S.Pt   
Senin, 14 Mei 2012 09:08

Asisten II, Kepala Biro Ekbang, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura serta Sekretaris Bakorluh Provinsi Jambi bersama Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi mengunjungi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Kebun Bibit Desa (KBD) di Kecamatan Tanah Kampung Kabupaten Kerinci (Sabtu, 12/05/2012) dalam rangka peninjauan pelaksanaan kegiatan KRPL di Kota Sungai Penuh guna persiapan KRPL  sebagai salah satu primadona pada peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) yang akan dilaksanakan di Kota Sungai Penuh pada tanggal 5 Juli 2012 mendatang.

Target dari 60 rumah sebagai contoh Rumah Pangan Lestari, sekarang sudah terealisasu sebanyak 36 rumah. Menurut Darwin, SP selaku kepala Balai Penyuluhan Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (BP3K) yang juga koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Tanah Kampung, beliau yakin dalam waktu dekat target yang direncanakan dapat tercapai, karena respon masyarakat dan aparat setempat sangat baik.

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi dan Koordinasi Kegiatan BPTP Jambi Tahun 2012 di Kabupaten Batanghari PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh drh. sari Yanti Hayati   
Sabtu, 12 Mei 2012 11:35

Sosialiasi dan koordinasi kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi Tahun 2012 di Kabupaten Batanghari dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2012 di Gedung Aula Kantor Bupati Kabupaten Batanghari. Peserta lebih dari 100 orang yang dihadiri dari instansi terkait yaitu Dinas Pertanian Kab. Batanghari, Dinas Peternakan dan Perikanan, Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP), Badan Penyuluhan Pertanian Petrnakan dan Kehutanan (BP3K), Camat dan Kepala desa se Kabupaten Batanghari, PPL  serta beberapa Kelompok Tani.

Acara diawali dengan sambutan Kepala BPTP Jambi yang memaparkan sejumlah kegiatan BPTP Jambi Tahun 2012 yang akan dilaksanakan di kabupaten Batanghari. Selanjutnya acara langsung di buka oleh Wakil Bupati Kabupaten Batanghari, Bpk. Sikuan, SH yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini memiliki nilai yang strategis sebagai awal dari pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang akan mendukung dan meningkatkan program pertanian di Kabupaten Batanghari. Kedepan diharapkan dapat menghadapi semua tantangan yang terjadi di bidang pertanian serta dapat meningkatkan kerjasama antar insatansi. Kegiatan yang diadakan merupakan kegiatan dengan penerapan teknologi yang akan bermanfaat bagi petani sehingga diperlukan peranan Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Perkebunan serta Para Penyuluh dari BP2KP. Peran pihak-pihak tersebut agar dapat memberikan pembelajaran yang berkelanjutan kepada petani dan bukan hanya sekedar contoh.

Dalam penyampaian materi Ka. Balai memaparkan kegiatan-kegiatan BPTP Jambi yang akan dilaksanakan pada tahun 2012 di Kabupaten Batanghari yaitu pendampingan pelaksanaan Program Strategis Kementerian Pertanian seperti Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT), Model Pengembangan Pertanian  Perdesaan Melalui Inovasi (M-P3MI), Varietas Unggul Baru (VUB) Padi Rawa dan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL). Lebih banyak mengulas kegiatan M-KRPL tahun 2012 yang akan dilaksanakan pada delapan kabupaten di Provinsi Jambi. Untuk di Kabupaten Batanghari akan ditempatkan pada satu titik lokasi yang menjadi contoh bagi desa dan kecamatan lain dimana Kegiatan ini sangat penting karena merupakan salah satu kegiatan yang telah dicanangkan oleh Presiden RI untuk dilaksanakan hampir diseluruh Provinsi di Indonesia guna membangun ketahanan pangan rakyat yang berawal dari rumah tangga. Sebanyak 20 rumah akan menjadi rumah contoh M-KRPL dan diharapkan pada waktu yang akan datang dapat berkembang dengan diikuti oleh seluruh masyarakat. Selanjutnya BPTP Jambi juga mempresentasikan Kalender Tanam (Katam) Terpadu memuat informasi waktu tanam padi terbaik, wilayah rawan banjir,  kekeringan dan terkena serangan Organisme Penggangu Tanaman (OPT), rekomendasi dan kebutuhan benih, rekomendasi dan kebutuhan pupuk.


Sekretaris Dinas Pertanian dalam memaparkan materi juga menyampaikan tentang kesiapan Dinas Pertanian Kab. Batanghari untuk mendukung kegiatan-kegiatan BPTP Jambi tahun 2012 dalam upaya pengembangan dan pelaksanaan teknologi pertanian di Kab. Batanghari. Diharapkan pengembangan dan pelaksanaan teknologi pertanian dapat membangun pertanian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Batanghari. Ka. BP2KP dalam penyampaian materi lebih mengangkat tentang peranan penyuluh dalam mendukung kegiatan-kegiatan BPTP Jambi tahun 2012. Diharapkan kepada petugas penyuluh yang memiliki peranan penting sebagai ujung tombak di masyarakat dapat selalu menambah wawasan dan mengikuti perkembangan-perkembangan teknologi yang dapat diterapkan di tingkat petani pada lokasi penyuluhan. PPL juga diharapkan memberikan dukungan penuh pada program pertanian yang pada akhirnya bertujuan guna mensejahterakan masyarakat Kabupaten Batanghari.

Dengan berakhirnya acara ini diharapkan terjalinnya kerjasama instansi terkait bersama BPTP Jambi dalam menjalankan program Pertanian mendukung perkembangan pertanian daerah.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com