Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
jambi dlm angka
pustakadigital
epetani
Sinartani
eproduk
katam

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini96
mod_vvisit_counterKemarin274
mod_vvisit_counterMinggu ini638
mod_vvisit_counterBulan ini96
mod_vvisit_counterAll176070
Berita Terkini
Sosialisasi Kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kota Sungai Penuh PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Desy Nofriati   
Rabu, 24 April 2013 00:00

BPTP Jambi melaksanakan kegiatan M-KRPL di dua desa di setiap Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kota Sungai Penuh dimulai dari Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP), Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan, Dinas Peternakan dan Perikanan, tingkat kecamatan (BP3K Kecamatan Sungai Bengkal dan Pondok Tinggi, Camat Kecamatan Sungai Bengkal dan Pondok Tinggi), tingkat desa (Kepala Desa, Pelayang Raya Kecamatan Sungai Bengkal dan Karya Bhakti Kecamatan Pondok Tinggi). Hasilkoordinasi  menetapkan Desa Pelayang Raya Kecamatan Sungai Bengkal dan Desa Karya Bhakti Kecamatan Pondok Tinggi sebagai tempat pelaksanaan kegiatan M-KRPL BPTP Jambi tahun 2013.

Dalam rangka memantapkan kegiatan M-KRPL, diselenggarakan Sosialisasi padahari Rabu, 24 April 2013 bertempat di Musholla Nurul Huda Desa Karya Bakti Kecamatan Pondok Tinggi. Sebagai bentuk apresiasi dan antusiasme yang tinggi dari pemerintah Kota Sungai Penuh, acara ini dihadiri oleh BP2KP Kota Sungai Penuh, Kepala BP3K Kecamatan Sungai Bengkal dan Pondok Tinnggi, Camat Kecamatan Pondok Tinggi dan Camat Kecamatan Sungai Bengkal,  Kepala Desa Pelayang Raya dan Karya Bhakti, Tokoh adat setempat, Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan dan Desa Pelayang Raya, Karya Bakti.  Dan dihadiri oleh masyarakat peserta kegiatan M-KRPL  dari dua Desa lokasi M-KRPL yang berjumlah 50 orang serta Penyuluh Lapang dari dua kecamatan. Sebagai penyelenggara, BPTP Jambi diwakili oleh Koordinator Wilayah Kota Sungai Penuh sekaligus sebagai Penanggung jawab kegiatan M-KRPL dan anggota Tim M-KRPL Kota Sungai Penuh.

Dalam arahannya, Camat Kecamatan Pondok Tinggi Bapak Haidir menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPTP Jambi atas dipilihnya kedua desa tersebut sebagai tempat pelaksanaan kegiatan M-KRPL BPTP Jambi Tahun 2013. Beliau sangat antusias dan memberikan dukungan sepenuhnya untuk kesuksesan kegiatan M-KRPL.Pihak BP2KP  yang diwakili oleh Bapak Marfendi juga turut memberikan dukungan penuh. Beliau menambahkan, pada tahun ini terdapat 8 desa penerima dana program P2KP pusat dan 16 desa penerima APBD dengan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dengan jumlah ini diharapkan program ketahanan pangan nasional atau daerah akan dapat diwujudkan yang berawal dari rumah tangga masing-masing anggota. Selanjutnya dikatakan kedatangan BPTP Jambi  di Kota Sungai Penuh dalam pelaksanaan kegiatan M-KRPL bagaikan gayung bersambut dengan harapan konsep pemanfaatan pekarangan di seluruh desa lingkup Kota Sungai Penuh dapat diaplikasikan.

Pada sosialisasi yang disampaikan oleh Syafri Edi,  selaku penanggung jawab kegiatan M-KRPL di Kota Sungai Penuh, menyampaikan bahwa semangat mengembangkan program ini adalah suatu keharusan bagi BPTP Jambi dalam melaksanakan  intruksi Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudoyono dan implementasi  empat sukses Kementerian Pertanian terkait program diversifikasi pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pada kesempatan ini juga dijelaskan tahapan pelaksanaan kegiatan dan lembaga yang terkait dengan kegiatan M-KRPL.

Acara sosialisasi secara keseluruhan dapat terselenggara dengan baik, lancer dan sukses dan diakhiri dengan pembacaan doa serta ramah tamah. Besar harapan agar selama pelaksanaan kegiatan akan selalu mendapat dukungan dan partisipasi dari seluruh peserta M-KRPL dan Pemerintah Daerah Kota Sungai Penuh. Sebagai bukti keseriusan BPTP Jambi dalam melaksanakan kegiatan M-KRPL,melalui penanggung jawab kegiatan telah memberikan Panduan Kegiatan kepada Penyuluh Lapang lingkup BP3K kecamatan secara simbolis diterima oleh kedua Kepala BP3K dan selesainya pembangunan Kebun Bibit Desa (KBD) di dua lokasi kegiatan M-KRPL.

LAST_UPDATED2
 
Pelatihan Pengelolaan dan Monitoring Lahan Gambut Kegiatan ICCTF Fase 2 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani   
Senin, 22 April 2013 14:07

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) Fase-2 Kementerian Pertanian dan Bappenas, diselenggarakan Pelatihan tentang Pengelolaan Berkelanjutan Lahan Gambut Terdegradasi untuk Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Mengoptimalkan Produktivitas Tanaman di Jambi.  Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 17-19 April 2013 di Hotel Wiltop Jambi, diikuti oleh 30 peserta.  Peserta berasal dari BPTP Jambi, Dinas Pertanian Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, Dinas Perkebunan Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, Bappeda Provinsi Jambi, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Jambi, Balitbangda Provinsi Jambi, Fakultas Pertanian Universitas Jambi dan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi.

Acara dibuka oleh Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan  Pertanian (BBSDLP) yang diwakili oleh Kepala Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, Dr. Harris Syahbuddin yang sekaligus merupakan Project Manager Kegiatan ICCTF Fase 2 ini, yang  menyampaikan materi pelatihan. Narasumber lainnya dalam pelatihan ini berasal dari Balai Penelitian Tanah dan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian yang berada di bawah naungan BBSDLP.  Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini yaitu : Perubahan Iklim oleh Dr. Haris Syahbuddin, Pengelolaan Lahan Gambut Berkelanjutan oleh Dr. IGM Subiksa, Pengukuran cadangan karbon pada tanah gambut oleh Dr. Maswar, pengukuran cadangan karbon pada tanaman oleh Ir. Erni Susanti, M.Sc, pengukuran GRK di lahan gambut dengan Gas Chromatography (GC) oleh Dr. Wihardjaka, Pengukuran GRK di lahan gambut dengan Infra Red Gas Analyzer (IRGA) oleh Setiari Marwanto M.Si, Pengukuran AWS dan piezometer oleh Dr. Hendri Sosiawan, serta Estimasi Emisi GRK di Provinsi Jambi oleh Dr. Fahmuddin Agus.

Pada hari kedua, dilakukan praktek lapangan di lokasi kegiatan ICCTF Fase 2 Provinsi Jambi yaitu di Desa Arang-arang Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.  Pada hari ke-3 dilakukan pengolahan data hasil praktek lapang serta interpretasi nilainya. Selama pelatihan, para peserta mengikuti dengan serius dan antusias karena bagi sebagian besar peserta materi ini merupakan materi yang baru.  Kepala BPTP Jambi Ir. Endrizal, M.Sc menutup acara pelatihan ini dan mengharapkan agar pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para peserta.

 
Apresiasi Pembekalan Pendamping Kegiatan P2KP 12 Provinsi di Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S, S.Pt   
Minggu, 21 April 2013 11:06

Senin malam 16 April 2013, telah dibuka acara kegiatan Apresiasi Pembekalan Pendamping Kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Tahun 2013 di Hotel Shang Ratu Kota Jambi. Diselenggarakan atas kerjasama P2KP pusat, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jambi dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi. Kegiatan di ikuti oleh 150 peserta Kabupaten/Kota dari 12 Provinsi terdiri dari Provinsi Kalimantan Barat, Bali, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bangka Belitung, Maluku, NTB, NTT, Banten, DKI Jakarta dan Bengkulu. Turut hadir para SKPD lingkup pertanian dan kesehatan Provinsi Jambi, serta para peserta apresiasi dan undangan lainnya.

Acara secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi  : H. Syahrasaddin mewakili Gubernur Jambi yang  dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran para peserta hari ini di Provinsi Jambi dapat memberikan energi baru bagi masyarakat Jambi dalam meningkatkan ketahanan pangan. Karena pangan adalah kebutuhan dasar manusia, hak dasar rakyat, yang tidak bisa ditunda pemenuhannya. Kepala Badan Ketahanan Pangan Pusat Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan– Ir. Sri Sulihanti, M.Sc menyampaikan melalui kegiatan ini kita dapat menyamakan persepsi dan sepakat serta berkomitmen untuk keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan P2KP dilapangan terutama untuk kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep KRPL yang nanti berbentuk bansos langsung kepada penerima manfaat.

Kegiatan (P2KP) diselenggarakan selama 4 hari yaitu dimulai 16 – 19 April 2013,  merupakan salah satu implementasi dari Rencana Strategis Kementerian Pertanian dalam mewujudkan empat sukses Kementerian Pertanian, salah satunya adalah peningkatan diversifikasi pangan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keanekaragaman konsumsi pangan sesuai dengan karakteristik wilayah. Sebagai bentuk keberlanjutan program P2KP berbasis sumber daya lokal, pada tahun 2013 program P2KP diimplementasikan melalui kegiatan: (1) Optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), (2) Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L), serta (3) Sosialisasi dan promosi P2KP. Melalui tiga kegiatan besar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat untuk membentuk pola konsumsi pangan yang baik.

BPTP Jambi dalam hal ini berperan sebagai tuan rumah pelatihan bagi para peserta Apresiasi Pendampingan P2KP selama 2 hari berturut-turut (17-18 April 2013). Kegiatan berupa penyampaian materi/teori yang disampaikan di Aula Agroinovasi BPTP Jambi dan praktek  dilaksanakan di Visitor Plot antara lain cara pembuatan pupuk organik cair dan budidaya tanaman pangan dan hortikultura, dilanjutkan kunjungan ke Kebun Bibit Inti (KBI) praktek teknologi perbenihan sayuran sekaligus kunjungan ke rumah contoh RPL di kompleks perumahan BPTP Jambi, dan terakhir demontrasi olahan pangan/pembuatan kue dan ice cream dari ubi-ubian.

Puncak acara Apresiasi Pendamping P2KP di Provinsi Jambi dilaksanakan pada 19 April 2013 yang bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Jambi dengan topik acara gerakan diversifikasi pangan yang dihadiri oleh peserta pelatihan dari 12 provinsi dan menghadirkan peserta lainnya sebanyak 1000 orang. Acara dibuka oleh Gubernur Jambi : Hasan Basri Agus dan Ibu Hj. Yusniana Hasan Basri Agus, Kepala Badan Ketahanan Pangan Pusat yang  diwakili oleh Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Kementerian Pertanian, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi dan seluruh SKPD Provinsi Jambi, Kepala BPTP Jambi dan beberapa staf Peneliti dan Penyuluh. Serangkaian dengan acara ini dilaksanakan pameran produk pangan local yang diikuti oleh dinas/instansi terkait dan diakhiri dengan sarapan bersama Gubernur Jambi dengan menu bersumber dari bahan pangan lokal.

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kota Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Widya Sari Murni, SP   
Kamis, 11 April 2013 00:00

Sosialisasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) Pada tanggal 11 April 2013 yang bertempat di Aula Denpom II/2, merupakan kelanjutan kegiatan M-KRPL tahun 2012. Dihadiri lebih dari 50 orang undangan yang terdiri dari Kecamatan, Kelurahan,  Ketua TP PKK Kecamatan Jelutung dan TP PKK Kelurahan Jelutung serta pengurus dan anggota KWT Gajah Mada. Kali ini Wakil Komandan Denpom II/2 Kota Jambi memberikan sambutan. Dalam sambutannya mengatakan “bila ada program pemerintah yang bisa dikerjasamakan ke wilayah Denpom, Denpom akan menyambut baik. Beliau juga menghimbau agar warga dapat melaksanakan program MKRPL ini dengan sebaik-baiknya”. Selanjutnya Kepala BPTP Jambi menyampaikan harapan agar warga dapat menerapkan MKRPL dengan baik. Camat Jelutung juga menyampaikan respon yang sangat mendukung kegiatan ini dan berharap dapat berkembang ke RT lain dengan dukungan pemerintah setempat. Pada sosialisasai juga di sampaikan materi tentang MKRPL oleh Tim MKRPL Kota Jambi. Di akhir acara dilakukan penyerahan buku Juknis M-KRPL oleh Kepala BPTP Jambi kepada Wadandenpom, Camat, Lurah dan Ketua KWT sebagai tanda dimulainya pelaksanaan kegiatan KRPL di Kota Jambi tahun anggaran 2013.

Sehari berikutnya, 12 April 2013 juga dilaksanakan acara serupa disalah satu rumah anggota KWT Sinar Tani yang terlibat dalam kegiatan MKRPL Kota Jambi. Diisi dengan pemberian materi tentang kegiatan MKRPL mengenai pemilihan komoditas tanaman pekarangan dan pembuatan Kebun Benih Desa (KBD) yang akan dilakukan di sekitar lokasi MKRPL. Anggota KWT sangat antusias dan berkeinginan untuk segera menerapkan kegiatan MKRPL di lahan pekarangan rumah masing-masing.

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Program BPTP Jambi Di Kabupaten Batanghari PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani, MP, M.Si   
Kamis, 04 April 2013 00:00

Kamis 4 April 2013 telah dilaksanakan Sosialisasi Program Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi di Ruang Pola Kantor Bupati Batanghari , yang dihadiri oleh kurang lebih 125 orang.  Acara sosialisasi ini diawali dengan laporan pelaksana oleh Kepala Badan Pelaksana Peyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Batanghari, Ibu Dra. Hj. Sumardiati, yang menyatakan bahwa impian Kabupaten Batanghari adalah menjadi daerah agrowisata dan pusat percontohan tanaman unggul. Untuk itu diharapkan BPTP Jambi dapat mendukung penuh harapan ini. Wakil Bupati, Sinwan SH, dalam sambutannya sangat mengapresiasi terselenggaranya sosialisasi ini dan sangat mengharapkan agar seluruh Petugas Penyuluh Pertanian mendukung penuh dan ikut belajar pada kegiatan-kegiatan yang akan didampingi oleh BPTP Jambi.

Program BPTP Jambi yang dilaksanakan di Kabupaten Batanghari adalah SL-PTT Padi, Jagung dan Kedelai, Unit Pengelola Benih Sumber, Model Kawasan Rumah Pangan Lestari, Optimalisasi Lahan Rawa Lebak di Provinsi Jambi, Peningkatan Kesejahteraan Petani melalui Perbaikan Teknologi Budidaya Karet Rakyat di Provinsi Jambi dan Diseminasi Terpadu Keragaan Teknologi Pengelolaan Rawa Lebak di Provinsi Jambi.  Kegiatan-kegiatan ini disampaikan oleh Kepala BPTP Jambi Ir. Endrizal, M.Sc. Khusus untuk kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa Lebak di Provinsi Jambi, pemaparannya disampaikan oleh Ir. M. Saragih, MS dari Balai Penelitian Lahan Rawa (Balitra).  Turut pula disampaikan tentang Kalender Tanam Terpadu (KATAM) yang merupakan Pedoman atau alat bantu yang memberikan informasi spasial dan tabular tentang prediksi musim, waktu tanam, pola tanam, luas tanam potensial, wilayah rawan banjir dan kekeringan, potensi serangan OPT, rekomendasi pemupukan, kebutuhan benih dan VUB berdasarkan prediksi variabilitas dan perubahan iklim sampai level kecamatan untuk seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Batanghari, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Kepala Dinas Perkebunan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batanghari, Camat se-kabupaten Batanghari, Kepala BP4K beserta para PPL se-kabupaten Batanghari serta  petani kooperator kegiatan Optimalsasi Lahan Rawa Lebak.  Acara diakhiri dengan diskusi serta santap siang bersama.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com