Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
juknis pengendalian ulat bulu
katam
pustakadigital
eproduk
Sinartani
bank ilmu padi
epetani
jambi dlm angka

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini45
mod_vvisit_counterKemarin102
mod_vvisit_counterMinggu ini781
mod_vvisit_counterBulan ini2541
mod_vvisit_counterAll147715
Berita Terkini
Pertemuan Sosialisasi M-KRPL di Kabupaten Tanjung Jabung Barat PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati, S.Pt   
Rabu, 03 April 2013 08:31

Senin, 1 April 2013 di Gedung PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat, telah diselenggarakan pertemuan sosialisasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) Kabupaten Tanjung Jabung Barat sekaligus mensosialisasikan kegiatan-kegiatan BPTP Jambi yang akan dilaksananakan di kabupaten tersebut untuk Tahun Anggaran 2013. Peserta tidak kurang dari 50 orang dengan menghadirkan beberapa SKPD terkait setempat yaitu Kabid Penanaman Modal dan Ekonomi dari Badan Perencanaan Pembangunan dan Penanaman Modal (Bapemdal), Kepala Litbangda, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala BP4K, Kepala BP3K dan Para Penyuluh Lapangan.

Acara dibuka oleh Kepala BP4K (Ir. Heru Widodo). Beliau menyampaikan terimakasih  terkait dengan beberapa program BPTP Jambi yang telah dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebelumnya dan juga untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Diharapkan hal ini akan berlanjut terus untuk masa yang akan datang, sehingga dapat saling bersinergi dalam pengembangan pembangunan pertanian di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Acara dilanjutkan menyampaikan kegiatan-kegiatan BPTP Jambi yang akan dilaksananakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk Tahun Anggaran 2013 oleh Ir. Jumakir selaku koordinator wilayah (Korwil) kabupaten Tanjung Jabung Barat.  Kegiatan-kegiatan BPTP Jambi yang dimaksud adalah; 1) M-KRPL, 2) Model Pengembangan Pertanian Perdesaan melalui Inovasi (M-P3MI), 3) Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT), 4) Usaha Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Padi, 5) Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK) dan 6) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Percepatan Penyebaran Varietas Unggul Baru (VUB) Padi Rawa Pasang Surut dan Rawa Lebak di Provinsi Jambi.

Usai penyampaian dari Korwil dilanjutkan dengan presentasi kegiatan M-KRPL Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan memberikan gambaran secara umum tentang pemanfaatan pekarangan rumah secara intensif,  ramah lingkungan dan berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dengan mengembangkan sumber benih/bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan hijau yng bersih dan sehat secara mandiri.

Sosialisai kali ini juga mempresentasikan Kalender Tanam Terpadu (KATAM) yang merupakan Pedoman atau alat bantu yang memberikan informasi spasial dan tabular tentang prediksi musim, awal tanam, pola tanam, luas tanam potensial, wilayah rawan banjir dan kekeringan, potensi serangan OPT, serta rekomendasi dosis dan kebutuhan pupuk, varietas padi, jagung, dan kedelai yang sesuai (pada lahan sawah) berdasarkan prediksi variabilitas dan perubahan iklim pada level kecamatan untuk seluruh Indonesia. Materi terkahir yang diprentasikan adalah hasil kegiatan kerjasama yang dilakukan Litbangda Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan BPTP Jambi T.A. 2012 yaitu Rekomendasi Pemupukan dan Tata Cara Menghitung Pupuk Majemuk.

Dari hasil diskusi, diketahui bahwa pada intinya para satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sepakat untuk mendukung penuh kegiatan BPTP yang akan berjalan pada tahun ini dan mengingatkan secara tegas kepada para kepala BP3K dan para penyuluh untuk lebih giat bekerja dengan inisiatif dan kreatifitas yang tinggi untuk keberhasilan pelaksanaan program pembangunan pertanian tahun ini. Berakhirnya acara sosialisasi, diharapkan terjadinya sinergi antara kegiatan BPTP Jambi dengan kegiatan pembangunan pertanian di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

LAST_UPDATED2
 
Denpom II/Jambi Lakukan Panen Perdanan KRPL untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani, MP, M.Si   
Selasa, 02 April 2013 00:00

Sebagai tindak lanjut dari  Penandatangan Kesepakatan Kerja antara Kementerian Pertanian dan  Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) guna meningkatkan ketahanan pangan nasional, Korem 042/Garuda Putih mengimplementasikan kesepakatan tersebut dengan melakukan optimasi lahan di Denpom II/2 seluas 2,5 ha.  Sebelumnya di bulan Februari  telah dilakukan sosialisasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari di Korem 042/Garuda Putih tepatnya di  Batalyon Infanteri 142/Ksatria Jaya oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi, untuk memberi informasi mengenai kegiatan tersebut.

Selasa 2 April 2013 dilakukan panen perdana sayur dan ikan oleh Gubernur Provinsi Jambi di lokasi optimasi lahan tersebut.  Gubernur didampingi oleh  Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Eko Budi S, Komandan Denpom II/Jambi Letnan Kolonel CPM Sihol MP Tambunan dan juga Walikota Jambi, dr Bambang Priyanto.  Gubernur sangat bangga atas kerja Dempom II/ Jambi tersebut dan mengharapkan agar kegiatan ini ditiru di kesatuan-kesatuan lain lingkup Korem. Sayuran yang dipanen adalah pare, jagung, terong, kacang panjang, ubi rambat, cabai rawit dan ikan gurame.  Selesai melakukan panen, Gubernur melakukan peninjauan ke tempat pembibitan pepaya dan terong.

Ke depannya Denpom II/Jambi bekerjasama dengan BPTP Jambi serta instansi terkait akan mendampingi masyarakat di sekitar lokasi untuk melaksanakan kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari di Kota Jambi.

LAST_UPDATED2
 
Penandatanganan Kontrak Kerja PMT PUAP Provinsi Jambi Tahun 2013 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dila Rita Nikara   
Rabu, 27 Maret 2013 00:00

Bertempat di aula Agro Inovasi BPTP Jambi pada tanggal 27 Maret 2013, telah dilaksanakan Penandatanganan Kontrak Kerja Penyelia Mitra Tani (PMT) Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Provinsi Jambi Tahun 2013.  Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Pembina PUAP dari Dinas Pertanian Provinsi Jambi, Koordinator dan Tim PUAP BPTP Jambi serta 35 orang tenaga PMT yang telah bertugas pada tahun 2012 dan diperpanjang lagi kontraknya pada tahun 2013.

Diawali dengan pembacaan do’a acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim Pembina PUAP Provinsi yang diwakili oleh Bapak Hendri Yusri, SP, M.Si.  Dalam kata sambutannya Ketua Tim Pembina PUAP mengucapkan selamat kepada PMT yang telah diperpanjang kontraknya. Dalam pelaksanaan tugas di lapangan diharapkan PMT agar lebih berhati-hati dalam memproteksi Gapoktan dari permasalahan yang menyangkut hukum (tindak penipuan). Beliau juga mengharapkan agar PMT lebih intensif mendampingi Gapoktan terutama  dalam masalah pembukuan karena pada umumnya Gapoktan masih memiliki kelemahan dalam hal pembukuan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Kordinator PUAP BPTP Jambi, beliau menyampaikan bahwa kontrak kerja dilakukan antara PPK Direktorat Pembiayaan Pertanian Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian dengan Penyelia Mitra Tani yang difasilitasi oleh BPTP Jambi. Dengan telah ditandatanganinya kontrak kerja ini, diminta kepada semua PMT agar dapat segera melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, serta menepati komitmen untuk meningkatkan kinerja dan bekerja lebih baik lagi, baik dari sisi pembinaan Gapoktan di lapangan maupun dalam pelaporan. Sesuai dengan SK Menteri Pertanian Nomor : 1304/Kpts/OT.140/3/2013 tanggal 5 Maret 2013, PMT yang melaksanakan penandatanganan kontrak kerja berjumlah 37 orang, tetapi pada kesempatan ini yang ikut melaksanakan kontrak kerja hanya sebanyak 35 orang PMT, sedangkan 2 orang PMT mengundurkan diri. Ada 2 (dua) dokumen kontrak kerja yang ditandatangani yaitu kontrak kerja Honorarium dan kontrak kerja Biaya Operasional (BOP) PMT. Acara ini diakhiri dengan foto bersama para PMT denga Tim Pembina  dan Tim PUAP BPTP Jambi.

LAST_UPDATED2
 
Sektor Pertanian Berperan Dalam Upaya Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (Sosialisasi ICCTF Fase II Di Bappeda Jambi) PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani, MP, M.Si   
Kamis, 28 Februari 2013 00:00

Perpress No 61 Tahun 2011 menyatakan bahwa sektor pertanian berperan dalam upaya penurunan emisi GRK (Gas Rumah Kaca), terutama dalam subsektor perkebunan dan tanaman pangan dengan berbagai teknologi adaptif. Di lain pihak, terdapat ancaman pada sektor pertanian diantaranya konversi dan alih fungsi lahan.  Oleh karena itu, dilakukan perluasan areal tanam ke lahan gambut karena masih sangat luas di Indonesia (20 juta ha).   Sedangkan lahan gambut berkontribusi dalam emisi GRK, terutama karbondioksida. Hal tersebut yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan Pengelolaan Lahan Gambut Terdegradasi Berkelanjutan untuk Mengurangi Emisi GRK dan Mengoptimalkan Produktivitas Tanaman, oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian, yang dibiayai oleh ICCTF (Indonesian Climate Change Trust Fund) Bappenas. Kegiatan ICCTF Fase I di Provinsi Jambi telah dimulai sejak tahun 2011 di Desa Arang-Arag Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi.  Pada tahun 2013 ini, kegiatan ICCTF Fase II dilaksanakan di 5 provinsi di Indonesia yaitu Jambi, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.  Di Jambi, kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi.

Selasa 26 Februari 2013 dilaksanakan Sosialisasi Kegiatan ICCTF  Fase II di Kantor Bappeda (Badan Perencanaan Daerah) Provinsi Jambi, yang dihadiri oleh instansi terkait sektor pertanian (perkebunan, peternakan, ketahanan pangan dan penyuluhan, DAS) Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, Bappeda Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, BLHD (Badan Lingkungan Hidup Daerah) Provinsi Jambi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika serta Universitas Jambi. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menginformasikan latar belakang dan tujuan kegiatan ICCTF di Jambi, serta mengharap dukungan pemerintah daerah setempat dalam upaya penurunan emisi GRK di Provinsi Jambi.  Paparan tentang kegiatan Fase II ini disampaikan oleh Kepala Balai Klimatologi dan Hihrologi yang sekaligus sebagai project manager di Kegiatan ICCTF dan hasil kegiatan Fase I disampaikan oleh Kepala  BPTP Jambi.

Acara paparan dilanjutkan dengan diskusi yang menghasilkan rumusan : ICCTF dan BPTP telah mengembangkan teknologi tepat guna pada lahan gambut terdegradasi menjadi lahan yang produktif dan dapat mengurangi emisi GRK, perlu adanya  peta kedalaman gambut tiap Kabupaten dan Kota agar perluasan areal pertanian tidak terkendala dan perlu adanya replikasi dari kegiatan ini oleh instansi terkait.

LAST_UPDATED2
 
Temu Lapang M-KRPL Kota Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati, S.Pt   
Senin, 11 Februari 2013 00:00

Temu Lapang Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kota Jambi telah dilaksanakan pada 09 Februari 2013, bertempat di RT 21,  Kelurahan Paal V, Kecamatan Kotabaru.

Acara dihadiri oleh Kepala BPTP Jambi (Ir. Endrizal, M.Sc) beserta beberapa orang peneliti dan teknisi, Kepala Dinas Pertanian Kota Jambi, Sekretaris Polsek Kota Jambi,  Perwakilan dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyluhan Kota Jambi, Camat Kotabaru, Lurah Paal V, Ketua RT 21, PPL,  serta seluruh anggota KWT Kasuari RT 21 yang terlibat langsung dalam menjalankan program M-KRPL Kota Jambi.

Diawali dengan sambutan dari Ketua RT 21 dan Lurah Paal V sebagai tuan rumah. Dalam sambutannya menyampaikan terimakasih tak terhingga telah melibatkan warganya dalam melaksanakan program pemerintah sehingga memperluas wawasan dan ketrampilan warga dalam memanfaatkan pekarangan dengan bercocok tanam sayuran, toga bahkan kolam. Dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Pertanian Kota Jambi yang menyampaikan bahwa kegiatan M-KRPL yang dilakukan oleh BPTP Jambi sejalan dengan kegiatan Dinas Pertanian Kota yaitu Program Pemberdayaan Perempuan Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2KSS) yang tujuannya tidak lain mendukung program kemandirian pangan keluarga. Beliau mengharapkan seluruh penyuluh turut aktif dalam mendukung kegiatan M-KRPL di Kota Jambi.  Sementara Kepala BPTP Jambi dalam sambutannya mengenalkan visi misi BPTP sebagai institusi vertikal yang berperan aktif dalam menyampaikan inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi ke stakeholder di daerah. Pemanfaatan pekarangan menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan sesuai dengan arahan Presiden RI. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran, toga, ternak serta untuk mengembangkan sumber benih/bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan dan melestarikan tanaman pangan untuk masa depan. Terkait dengan kegiatan M-KRPL, Beliau menyampaikan bahwa saat ini BPTP telah memiliki Kebun Bibit Inti (KBI) yang berlokasi di Kantor BPTP di Jl. Samarinda Paal V Kotabaru yang menyediakan bibit/benih sayuran untuk kebutuhan semua kegiatan M-KRPL di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi. “Siapa saja yang membutuhkan bibit/benih, silahkan datang ke KBI BPTP Jambi, kami siap membantu” ujar beliau.

Sambil menikmati snak berbahan lokal  (kacang rebus, pisang rebus dan getuk), para peserta dengan seksama mendengarkan penyampaian ibu rima Purnamayani, SP, M.Si sebagai penanggungjawab kegiatan M-KRPL Kota Jambi tentang sosialisasi hasil kegiatan “Model Kawasan Rumah Pangan Terpadu di Kota Jambi” Dilanjutkan acara sambung rasa dengan menjawab beberapa pertanyaan yang muncul dari polsekta Jambi, anggota KWT Kasuari dan PPL. Kepala BPTP Jambi pada akhir acara menyampaikan perlunya jalinan kerjasama yang baik antara instansi terkait dan warga agar melalui kegiatan ini ketahanan pangan Rumah Tangga bisa dipertahankan baik dari aspek kualitas maupun kuantitas, aman dan terjangkau untuk keluarga. Kebutuhan ketahanan pangan tersebut dapat terpenuhi baik dari aspek distribusi maupun aspek konsumsi, selain diupayakan dapat berhasil dan berkelanjutan.

Penyerahan banner dilakukan diakhir acara oleh Kepala BPTP Jambi kepada Camat Kotabaru dan dilanjutkan penyerahan banner oleh Koordinator wilayah Kota Jambi kepada Lurah Paal V. Dilanjutkan dengan foto bersama dan makan siang yang menunya adalah sayuran dan ikan hasil dari pekarangan para anggota KWT Kasuari.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com