Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
katam
juknis pengendalian ulat bulu
pustakadigital
jambi dlm angka
eproduk
bank ilmu padi
epetani
Sinartani

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini21
mod_vvisit_counterKemarin115
mod_vvisit_counterMinggu ini239
mod_vvisit_counterBulan ini3887
mod_vvisit_counterAll162629
Berita Terkini
KRPL di Desa Sungai Arang dan Danau Buluh, Bungo PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S   
Jumat, 24 Mei 2013 00:00

Desa Sungai Arang Kecamatan Bungo Dani dan Desa Danau Buluh Kecamatan Pasar Muaro Bungo di Kabupaten Bungo adalah lokasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kedua dan ketiga setelah Desa Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal. Mengawali kegiatan tersebut, maka dilaksanakanlah sosialisasi KRPL di Desa Sungai Arang (21 Mei 2013) dan sehari berikutnya dilaksanakan di Desa Danau Buluh (22 Mei 2013). Turut hadir Kepala BP3K  Bungo Dani dan Pasar Muaro Bungo, para PPL, seluruh anggota KWT Legenda dan  KWT Hijau Lestari. Dalam sosialisasi disampaikan secara luas tentang pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan, hortikultura dan ternak serta menampilkan gambar-gambar KRPL yang sudah dilaksanakan BPTP di lokasi-lokasi yang tersebar di delapan kabupaten pada tahun 2012. Antusias Ibu-ibu terlihat saat diskusi  berlangsung, membahas masalah bahan-bahan dan cara teknis pelaksanaannya, mulai dari penyemaian, pemindahan bibit dan pemeliharaan. Setelah sosialisasi, dilanjutkan dengan kegiatan membangun KBD didua desa tersebut. Karena kedua lokasi dekat dengan kota, diharapkan tidak ada kendala dalam pemasaran hasil panen dan kebetulan beberapa angota KWT merupakan pedagang sayur di pasar.

LAST_UPDATED2
 
Desa Lubuk Ruso dan Desa Sungai Siap Jadi Model KRPL di Kabupaten Batanghari PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Kamalia Mulyanti, STP   
Kamis, 23 Mei 2013 08:52

BPTP Jambi mengadakan kegiatan M-KRPL di setiap kabupaten di Propinsi Jambi, salah satunya yaitu di Kabupaten Batanghari. Acara sosialisasi tingkat desa di Kabupaten Batanghari di selenggarakan di dua lokasi yaitu Desa Sungkai Kecamatan Bajubang dan Desa Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung.  Kepala BP3K kecamatan Pemayung, dan beberapa orang penyuluh serta anggota KWT Anggrek hadir pada acara sosialisasi di Desa Lubuk Ruso tersebut. Anggota KWT Anggrek ini yang akan menjadi petani kooperator pada kegiatan M-KRPL di Desa Lubuk Ruso, berjumlah 25 orang. Acara sosialisasi diisi dengan kata sambutan oleh Kepala BP3K Kacamatan Pemayung Ibu Lilis Suryani, SP, pemberian materi M-KRPL oleh Ibu Rima Purnamayani, SP, M.Si serta penyerahan secara simbolis alat dan bibit yang akan digunakan pada kegiatan M-KRPL oleh Ibu Rima Purnamayani, SP, M.Si kepada Ketua KWT Anggrek Desa Lubuk Ruso.

Desa Sungkai merupakan desa lain tempat kegiatan MKRPL di Kab. Batanghari. Acara sosialisasi juga telah dilaksanakan di desa tersebut. Acara sosialisasi dihadiri oleh PPL Desa Sungkai, Kepala Desa Sungkai Kecamatan Bajubang,serta anggota KWT Dharma Tani. Anggota KWT Dharma Tani ini yang akan menjadi petani kooperator pada kegiatan M-KRPL di desa Sungkai, berjumlah 20 orang. Acara sosialisasi di Desa Sungkai diawali dengan kata sambutan oleh Ibu Ir. Julistia Bobihoe dari BPTP Jambi selaku koordinator wilayah Batanghari, Kepala Desa Sungkai Kacamatan Bajubang Bapak Mungino, serta dilanjutkan dengan pemberian materi tentang M-KRPL oleh Ibu Rima Purnamayani, SP, M.Si. Di Desa Sungkai tersebut juga dilaksakan penyerahan secara simbolis alat dan bibit yang akan digunakan pada kegiatan M-KRPL oleh Ibu Ir. Julistia Bobihoe kepada Ibu Setyawati Ketua Tim Penggerak PKK  Desa Sungkai Kecamatan Bajubang.

LAST_UPDATED2
 
M-KRPL Kabupaten Kerinci PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Defira Suci Gusfarina, SP   
Senin, 20 Mei 2013 00:00

Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Provinsi Jambi dimulai pertama kali di satu Kabupaten yaitu Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di Desa Pudak yang di Kunjungi Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada tahun 2011. Pada tahun kedua Program M-KRPL di Provinsi Jambi dikembangkan di 9 Kabupaten/Kota, masing-masing satu desa. Sedangkan di tahun 2013 ini, Provinsi Jambi mendapat alokasi di 11 Kabupaten/Kota dengan masing-masing 2 desa, salah satunya di Kabupaten Kerinci.

Kabupaten Kerinci merupakan Kabupaten terjauh dari ibukota Provinsi, dengan jarak sekitar 500 km, dengan waktu tempuh sekitar 10 jam. Kerinci termasuk dalam wilayah dataran tinggi pada ketinggian 500-1000 m dpl. Penduduk sebagian besar bekerja pada sektor pertanian dan perkebunan. Namun demikian pekarangan rumah yang rata-rata tergolong pada Strata IV, belum dimanfaatkan secara maksimal. M-KRPL yang akan dikembangkan di Kabupaten Kerinci diadakan di Dua desa yaitu, Desa Simpang Belui, Kecamatan Depati VII dan Desa Sawahan Jaya Kecamatan Air Hangat.

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kabupaten Kerinci dimulai dengan Sosialisasi pada Kamis 16 Mei 2013, yang dihadiri oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Perkebunan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Kerinci, Penyuluh, Perangkat Desa dan Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menjadi sasaran kegiatan M-KRPL. Dalam sambutannya Kepala Badan Ketahanan Pangan menghimbau agar KWT ini melaksanakan kegiatan M-KRPL dengan serius karena M-KRPL ini merupakan Model yang akan menjadi percontohan bagi 12 KRPL P2KP di Kabupaten Kerinci. Materi sosialisasi M-KRPL disampaikan langsung oleh Penjab Kegiatan M-KRPL Kabupaten Kerinci Ir. Muzirman, M.Si dari BPTP Jambi. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Kebun Bibit Desa (KBD), pengisian seedbed dan polybag hingga penyemaian pada hari minggu 19 Mei 2013.

LAST_UPDATED2
 
Lagi-lagi Kebun Bibit Inti BPTP Jambi Jadi Target Percontohan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati   
Kamis, 16 Mei 2013 15:37

Pagi ini Kebun Bibit Inti (KBI) menerima kunjungan para penyuluh lapang wilayah kerja Kabupaten Muaro Jambi dalam rangka pendampingan KRPL kegiatan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Muaro Jambi.  BP2KP Kab. Muaro Jambi  akan mereplikasi kegiatan KRPL melalui kegiatan P2KP yang berlokasi pada 11 desa di 3 kecamatan pada tahun ini. Rombongan dipimpin oleh Kabid Ketahanan Pangan BP2KP Kabupaten Muaro jambi.

Ditengah kunjungan ke KBI, Pelaksana teknis KBI BPTP Jambi memperlihatkan bagaimana cara pembuatan lontong tanah untuk media bibit hasil penyemaian, belajar cara penyemaian dan memindahkan bibit, serta tanya jawab seputar pembangunan KBI dan teknis pemeliharaan agar selalu berkelanjutan. Mereka akan kembali lagi bersama Kelompok Tani Wanita yang akan mereka bina dalam kegiatan KRPL di desa mereka untuk memotivasi agar pelaksanaan didesa nanti dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Tentunya KBI BPTP Jambi siap memberikan pelayanan kepada stakeholder sejalan dengan mottonya BPTP Jambi ada untuk Petani.

LAST_UPDATED2
 
Kunker Ka. BBP2TP ke BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ir. Linda Yanti, M.Si   
Rabu, 15 Mei 2013 06:55

Pada Kunjungan Kerja Ka.BB Pengkajian yang di dampingi oleh Kabag TU BB untuk pertama kalinya ke BPTP Jambi diawali  mengunjungi rencana lokasi Kebun Percobaan (KP) BPTP Jambi yang berlokasi di Desa Sungai Gelam, Kab. Muaro Jambi, kemarin 14 Mei 2013. Menurut beliau lokasi yang cukup bagus untuk menjadi Kebun Percobaan yang nantinya dapat dijadikan sebagai agro-inovasi, agro edukasi dan sebagai agro-wisata yang juga sangat diharapkan oleh Pemda Prov. Jambi.  Ka.BB Pengkajian juga sempat bertemu dengan Bapak Assisten 2 Prov. Jambi Ir. H. Havis Husaini. MM., beliau menyampaikan terima kasih Badan Litbang Pertanian kepada Pemda yang akan menghibahkan lahan seluas 25 ha yang akan dijadikan KP BPTP Jambi. Bapak Asisten 2 juga menyampaikan terima kasihnya kepada Badan Litbang Pertanian yang sudah banyak membantu Pemda Prov. Jambi melalui berbagai kegiatan yang dilakasanakan oleh Badan Litbang di Prov.  Jambi.

Ka. BB Pengkajian juga sempat melihat Kebun Bibit Inti BPTP Jambi, sambil berkelakar beliau mengatakan bahwa untuk memulai suatu hal yang baru kadang bersifat “Terpadu” yaitu terpaksa pakai duit dulu, namun kalau setelah jadi akan menjadi  “serdadu” yaitu serba datang duit, inilah KBI yang sudah berhasil sebagai sumber bibit, begitu  ungkapan yang menggelitik dari Bapak Kepala Balai Besar Pengkajian Dr. Agung Hendriadi saat meninjau Kebun Bibit Inti (KBI) BPTP Jambi. Beliau memberikan pujian terhadap apa yang sudah dilakukan oleh BPTP Jambi untuk membangun KBI. Hal ini diungkapkan beliau terkait pengelolaan KBI agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mensuplai bibit untuk stakeholder lingkup Provinsi Jambi.  Acara kunjungan beliau diakhiri dengan acara sambung rasa dengan staf BPTP Jambi dalam suasana yang cukup santai.   Suksess pak  Ka. BB Pengkajian.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com