Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
bank ilmu padi
epetani
Sinartani
katam
juknis pengendalian ulat bulu
pustakadigital
jambi dlm angka

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini63
mod_vvisit_counterKemarin290
mod_vvisit_counterMinggu ini353
mod_vvisit_counterBulan ini4396
mod_vvisit_counterAll172666
Berita Terkini
Bangkitkan Minat Para Muda pada Dunia Pertanian Melalui Bidikan Lensa PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima P.   
Minggu, 14 September 2014 19:39

Salah satu agenda Pekan Bhakti Agro Inovasi BPTP Jambi adalah Lomba Foto.  Kegiatan ini bertujuan untuk mendekati para pemuda dari sisi fotografi  ke bidang pertanian, sehingga mereka dalam memahami bahwa dunia pertanian pun menarik untuk menjadi objek bidikan lensa.   Lomba foto diselenggarakan pada Rabu 10 September 2014.  Peserta lomba foto dibagi menjadi 2 kategori, yaitu siswa SMA/SMK sebanyak 25 orang dari 3 sekolah, dan kategori mahasiswa sebanyak 10 orang dari  perguruan tinggi.

Acara dibuka oleh Kasie Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Jambi  Rima Purnamayani, SP, M.Si yang menjelaskan mengenai latar belakang diselenggarakannya acara ini.  Beliau menghimbau agar para siswa dan mahasiswa dapat menjadikan dunia pertanian sebagai salah satu objek fotografi, sehingga khalayak umum dapat menikmati dari sisi dan cara yang berbeda.

Latar belakang pemotretan merupakan alat mesin pertanian, tanaman sayur-sayuran dan tanaman hias.  Dalam lomba ini menghadirkan juri dari komunitas fotografi kota Jambi, yang sudah biasa berkecimpung dalam dunia fotografi.  Para peserta tampak antusias mengikuti lomba foto ini, sembari mereka pun berkunjung ke arena gelar teknologi tempat lokasi pemotretan berlangsung.  Lomba ini dimenangkan oleh siswa dari SMA 5 dan mahasiswa dari Universitas Jambi yang mendapatkan hadiah berupa uang dan sertifikat.

LAST_UPDATED2
 
Talk Show Pekan Bhakti Agro Inovasi di Provinsi Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S   
Kamis, 11 September 2014 19:51

Pekan Bhakti Agro Inovasi di Provinsi Jambi dalam rangka memperingati 40 tahun Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) telah dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 September 2014 di kantor BPTP Jambi, dengan tema "Agroinovasi Kreatifitas Tiada Henti untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Petani" Agenda dari kegiatan tersebut adalah “Talk Show “ Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), Focus Group Discussion Identifikasi Kebutuhan Teknologi Pertanian di Provinsi Jambi, Temu Teknologi, pameran, senam bersama tiga UPT Kementerian Pertanian di Provinsi Jambi, lomba masak menu non Beras, lomba inovasi teknologi tepat guna, lomba karya tulis ilmiah tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi, serta lomba-lomba lain yang ikut menyemarakkan acara ini seperti lomba volly antar instansi,  lomba foto dan anak-anak TK.

Acara ini resmi dibuka tanggal 10 September 2014 oleh Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus, dihadiri Kepala Balitbangtan yang diwakili Kepala Pusat Penelitian Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Dr. Handewi Purwati Salim, Kepala Bappeda lingkup kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi, Kepala Dinas/Badan/Instansi terkait Lingkup Provinsi Jambi, Kepala BPTP Jambi beserta seluruh staf, KTNA Provinsi Jambi, dan para sponsor yang telah membantu pelaksanaan acara tersebut. Turut hadir Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Dr. Bess Tiesna murti dan Kepala Balai Penelitian Agroklimatologi dan Hidrologi Dr. Harris Syahbuddin, DEA.

Gubernur Jambi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi Jambi juga memiliki komoditas unggulan daerah baik komoditas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan. Untuk peningkatan produktivitas, kualitas dan daya saing komoditas-komoditas unggulan tersebut Provinsi Jambi membutuhkan inovasi teknologi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Menyambung harapan Gubernur Jambi, Kepala Badan Litbang Pertanian mengharapkan BPTP Jambi dapat berintegrasi dengan Instansi Daerah terkait untuk bersama-sama mensinergikan program-program kegiatan yang mendukung pengembangan pertanian daerah. Kepala Balitbangtan juga menyerahkan plakat kenang-kenangan untuk Bapak Gubernur Jambi.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Lomba KTI dan Inovasi TTG mengawali acara Pekan Bakti Agro Inovasi & Hakteknas Provinsi Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh endang S   
Rabu, 03 September 2014 00:00

Lomba karya tulis ilmiah (KTI) dan inovasi teknologi tepat guna (TTG) tingkat Provinsi Jambi tahun 2014  yang bertemakan "Inovasi Pangan, Energi, dan Air untuk Daya Saing Bangsa", diselenggarakan atas kerjasama BPTP Jambi dan Balitbangda  Prov. Jambi di Word Trade Centre Batanghari, Kota Jambi tanggal 1 September 2014. Acara dibuka oleh Wakil Gubernur, Fachrori Umar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam  rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) dan Pekan Bhakti Agro Inovasi memperingati hari ulang tahun ke-40 tahun Badan Litbang Pertanian.

Dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Jambi, seluruh UPTD daerah substansi terkait, Rektor Universitas Jambi, BPTP Jambi, Balitbangda Prov. Jambi, Diknas Provinsi, kabupaten dan kota, Kepala sekolah, guru dan siswa  peserta lomba dari kabupaten dan kota.

Pada kesempatan itu Wagub Jambi juga meninjau seluruh produk tepat guna para peserta lomba tersebut. Beliau sangat mengapresiasi anak-anak yang menciptakan teknologi tepat guna yang dipamerkan. Dilanjutkan dengan penilaian lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) sementara untuk penilaian final lomba KTI tingkat SLTA dan Perguruan Tinggi dilaksanakan pada hari berikutnya 2014 di Bappeda Prov. Jambi.

Lomba KTI dan Inovasi TTG ini diharapkan sebagai salah satu sarana di Provinsi Jambi untuk memotivasi anak-anak didik dan masyarakat Provinsi Jambi, dalam pengembangan dan pemanfaatan Iptek, guna menumbuhkembangkan dan menguatkan Sistem Inovasi Daerah.

LAST_UPDATED2
 
Pertemuan dan Apresiasi Pengembangan Pupuk Hayati Unggulan Nasional (PHUN) pada Tanaman Kedelai di Lahan Rawa Pasang Surut Provinsi Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ir. Jumakir   
Kamis, 28 Agustus 2014 09:13

Pertemuan dan apresiasi pengembangan pupuk hayati unggulan Nasional (PHUN) pada tanaman kedelai di lahan rawa pasang surut dilaksanakan di kantor Camat Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi pada hari Sabtu/23 Agustus 2014. Pertemuan dihadiri oleh Kadis Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan BP4K Kab. Tanjung Jabung Timur, Camat, Lurah, Kepala Sekolah SMK Pertanian, Kelompok Tani/Petani, BPTP Jambi dan Tim inventor Prof. DR. Suyamto (BPTP Jatim) , Ir. Putu Wardana, MSc (Puslitbangtan Bogor), DR. Etty Pratiwi, M.Si (Balittanah Bogor), Dr. Harmastini, M.Agr  (LIPI) dan Dr. Hadi (IPB Bogor). dengan jumlah peserta sekitar 70 orang.

Kegiatan pengembangan PHUN kedelai di laksanakan di Desa Bandar Jaya Kecamatan  Rantau Rasau dan Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak. Lokasi kegiatan termasuk lahan rawa pasang surut dan kelompok tani termasuk kegiatan PHUN kedelai adalah kelompok tani Ojo Lali dengan ketua kelompok Suyatno, kelompok tani Jati Mulyo dengan ketua kelompok Hermawan, kelompok tani Tunas baru dengan ketua kelompok Ahmadi, Kelompok Sidomakmur dengan ketua kelompok Trianto, kelompok tani Sumber Rejeki dengan ketua kelompok Sugiman dan kelompok tani Sopoyono dengan ketua kelompok Rasid.

Jenis PHUN kedelai yang digunakan adalah Agrimeth, Probio, Kedelai Plus,  dan Biopeat dengan luas tanam sekitar 100 ha.   Adapun aplikasi yang dilakukan dengan perlakuan yang biasa dilakukan petani ditambah dengan PHUN dan pertanaman kedelai dilakukan pada bulan Mei 2014.

Dalam acara tersebut diawali penyampaian oleh Pak Camat, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kab. Tanjung Jabung timur dan Kepala BPTP Jambi. Kemudian di lanjutkan penyampaian materi oleh Prof. DR. Suyamto (Pengembangan PHUN) , Ir. Putu Wardana, MSc (Program kegiatan PHUN), DR. Etty Pratiwi, M.Si (Agrimeth), Dr. Harmastini, M.Agr  (Kedelai Plus/Biovam) dan Dr. Hadi (Probio). Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan diskusi dan respon petani maupun PPL/BP3K cukup baik. Petani merasakan dengan adanya kegiatan tersebut produksi kedelai bertambah (Rata-rata produksi kedelai di tingkat petani 1,4 t/ha dan dengan pemberian PHUN produksi kedelai berkisar 1,5 – 2,7 t/ha). Petani dan Pemerintah setempat mengharapkan kegiatan pengujian PHUN ini dilanjutkan dan dikembangkan serta ditambah komoditas lain. Insya Allah tahun depan akan dicobakan pada tanaman padi.

 
Kunjungan Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Inovasi Teknologi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Defira Suci Gusfarina, SP   
Selasa, 08 Juli 2014 08:05

Pada Ramadhan ke-5 BPTP Jambi mendapat kehormatan kunjungan dari Staf Ahli Kementarian Pertanian Bidang Inovasi Teknologi Bapak Dr. Ir. Mat Syukur, MS. Beliau melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi dan meluangkan waktu bertatap muka dengan segenap peneliti dan penyuluh Provinsi Jambi yang dilaksanakan BPTP Jambi pada jum’at 4 Juli 2014. Pada pertemuan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Bakorluh Provinsi Jambi, Kepala Balai Karantina Pertanian, Badan Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi serta Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Jambi.

Acara dibuka oleh bapak Ir. Endrizal, M.Sc selaku tuan rumah, dilanjutkan dengan pengarahaan dari bapak Dr. Ir. Mat Syukur, MS yang menekankan pada Akselerasi percepatan adopsi teknologi yang terkait pangan, pakan, bahan bakar dan lingkungan. Salah satu permasalahan yang dijumpai beliau adalah konsep ketahanan pangan yang berkembang sekarang ini masih bersifat lokal belum nasional. Kita meharapkan petani dapat meningkatkan produksi persatuan lahan dengan inovasi pertanian. Apa lagi pada 2015 mendatang, kesepakatan Masyakarat Ekonomi ASEAN (MEA) atau pasar bebas ASEAN mulai berlaku, kita harus meningkatkan inovasi dengan memaksimalkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang ada.

Acara dilanjutkan dengan diskusi, peserta sangat antusias menyampaikan permasalahan, harapan, keinginan dan masukan kepada bapak staf ahli. Sehingga beliau menerima banyak masukan yang bisa diangkat atau disampaikan saat Rapat Pimpinan di Kementerian Pertanian.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com