Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
jambi dlm angka
pustakadigital
epetani
Sinartani
eproduk
katam
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini112
mod_vvisit_counterKemarin235
mod_vvisit_counterMinggu ini347
mod_vvisit_counterBulan ini4254
mod_vvisit_counterAll180228
M-KRPL

Kementerian Pertanian menyusun suatu konsep yang disebut dengan “Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL)” dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rumah Pangan Lestari adalah rumah yang memanfaatkan pekarangan secara intensif melalui pengelolaan sumberdaya alam lokal secara bijaksana, yang menjamin kesinambungan persediaan pangan lokal dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas, nilai dan keanekaragamannya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah: (a). Meningkatkan keterampilan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran dan tanaman obat keluarga (toga), pemeliharaan ternak dan ikan, pengolahan hasil serta pengolahan limbah rumah tangga menjadi kompos, (b). Memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat secara lestari dalam suatu kawasan, dan (c). Mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat secara mandiri.

Tahun 2012 ada 8 (delapan) lokasi M-KRPL yang tersebar pada delapan Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, yaitu; Kota Sungai Penuh, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bungo, Kabupaten Batanghari, Kota Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kegiatan diawali dengan koordinasi, sosialisasi, pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan pembuatan pupuk organik, pembuatan pestisida nabati, pembibitan, penanaman, pemeliharaan tanaman, panen dan pasca panen serta pengelolaan hasil dan pemasaran.

Komoditi yang dibudidayakan adalah sayuran penghasil daun, sayuran penghasil buah, tanaman toga, ikan dan ternak, dengan teknologi pada bedengan, polibag, pot, vertikultur, gantung dan media tempel. Pada setiap lokasi M-KRPL dibuat satu buah Kebun Bibit Desa (KBD) dan Kelembagaan Wanita Tani (KWT) yang berfungsi sebagai wadah pembelajaran dan kesinambungan atau kelestarian dari program KRPL.

M-KRPL Kota Sungai Penuh dilaksanakan mendukung kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke - 40 se - Provinsi Jambi dan HKP ke-41 di Kabupaten Tebo. M-KRPL Kabupaten Tanjung Jabung Barat dilaksanakan bekerjasama dengan TNI pada program TMMD. Pada masing-masing lokasi M-KRPL telah terjadi penambahan atau replikasi dari M-KRPL pada beberapa rumah warga masyarakat berupa KRPL, RPL dan KPL. Disamping itu juga terdapat dukungan dari pemerintah daerah berupa tenaga penyuluh pendamping, dukungan moril dan material seperti media tanam dan bibit.

M-KRPL mampu memberikan penghematan terhadap belanja keluarga, pemenuhan pangan dan gizi keluarga tambahan penghasilan dan berdampak positif terhadap lingkungan baik warga masyarakat maupun pemerintahan. Hal ini terlihat dengan berkembangnya KRPL, RPL dan KPL pada beberapa rumah warga, sekolah dan kantor-kantor pemerintah. Pada beberapa Kabupaten/Kota, Pemerintah Daerah merespon KRPL pada APBD 2013, sekaligus merupakan dukungan terhadap program Pemerintah Provinsi Jambi, yaitu program “Kampung Pangan Terpadu” dimana KRPL merupakan bagian dari program tersebut.






Joomla Templates by JoomlaVision.com