Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
katam
juknis pengendalian ulat bulu
pustakadigital
jambi dlm angka
eproduk
bank ilmu padi
epetani
Sinartani

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini74
mod_vvisit_counterKemarin115
mod_vvisit_counterMinggu ini292
mod_vvisit_counterBulan ini3940
mod_vvisit_counterAll162682
SL - PTT Provinsi Jambi

Untuk mendukung rencana Pemerintah dalam mempertahankan
swasembada beras dan jagung serta mencapai swasembada kedelai
tahun2014, Kementerian Pertanian menjalankan
Program Strategis Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT)
padi, jagung, kedelai, dan komoditas lainnya.

Tujuan pendampingan SL-PTT oleh BPTP Jambi adalah untuk; Memasyarakatkan PTT Padi, Jagung dan Kedelai dalam mencapai target produksi Padi > 10 %, Jagung > 15 % dan Kedelai > 5 % dengan melakukan koordinasi/sosialisasi, pengujian Varietas Unggul Baru (VUB) / display VUB, demonstrasi usahatani (Demfarm), temu lapang dan pelatihan/nara sumber, penyediaan materi penyuluhan/media cetak dan elektronik.

Pendampingan SL-PTT dilakukan secara terkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Badan Pelaksana Penyuluhan dan BPTP Jambi sesuai tupoksi masing-masing. Bentuk dan mekanisme pendampingan oleh BPTP Jambi dimulai dari kegiatan koordinasi dan sosialisasi untuk menyatukan persepsi tentang program strategis kementan ini sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai. Pengujian 2 - 3 varietas unggul baru spesifik lokasi, menjadi nara sumber PL II dan PL III di 11 Kabupaten/Kota, menyediakan media cetak dan elektronik yang berisi teknologi spesifik lokasi serta menyediakan kalender tanam.

Pendampingan SL-PTT oleh pusat telah dilaksanakan dua kali pertama pada Tanggal 24 - 27 Mei 2012 dan kedua pada Tanggal 6 - 10 Desember 2012. Tim pendamping yang datang ke Provinsi Jambi adalah Dr. Ir. Buang Abdulah, M.Sc dan Ir. Asep Maulana, dari Balai Besar Penelitian Padi. Pendampingan oleh BBSDL dengan membagikan 33 unit PUTS dan diserahkan kepada Dinas Pertanian Provinsi dan Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi, serta Dinas Pertanian dan Badan Pelaksana Penyuluhan 11 Kabupaten/Kota pada acara pertemuan pendampingan P2BN.

Display VUB padi inbrida sudah dilaksanakan di 10 (sepuluh) Kabupaten/ Kota dengan varietas Inpari 1, Inpari 10, Inpari 12, Inpari 13, Mekongga, Sarinah, Inpara 3 dan Inpara 5, Inpago 4, 5, 6, dan 8. Produktivitas Inpari 13 sebesar 7,28 ton/Ha, Inpari 12 mencapai 6,0 ton/Ha dan Inpara 3 dengan produksi 5,08 ton/Ha. Hasil VUB kedelai Anjasmoro mencapai 2,5 ton/Ha, Kaba 1,9 ton/Ha, Grobongan 2,1 ton/Ha dan Argomulyo 1,7 ton/Ha.


 

 

 





Joomla Templates by JoomlaVision.com